8 Langkah mudah dan Tips untuk Membuat Film sederhana dengan biaya seminimal mungkin (Film Pendek ataupun Panjang)


Kali ini Lembar Kotor akan memberikan artikel tentang Langkah dan  Tips untuk Membuat Film sederhana dengan biaya seminimal mungkin kategori Film Pendek ataupun film Panjang tanpa mencari sponsor.


IDE

Idealnya, IDE ini harus unik dan original. Tapi, meniru sebuah karya orang lain itu juga termasuk sebuah IDE lho hehe... pertama kalian harus menentukan IDE film tentang ceritanya.


Sasaran dan Genre Film

Setelah mendapatkan IDE, tentukan sasaran dari film yang akan kalian buat, kemudian menentukan Genre film apa yang akan kalian buat nantinya.


Naskah dan Durasi

Setelah mendapatkan IDE, kemudian menentukan sasaran dan genre film Buatlah naskah dan menentukan Durasi, untuk jenis film berdurasi panjang sebaiknya dipikirkan dengan sangat matang, namun untuk jenis film pendek buatlah film tersebut benar-benar pendek.




Memperssiapkan keperluan shooting  

Setelah IDE tercurahkan hingga menjadi naskah, persiapkan peralatan shooting. Untuk menghemat Biaya anda bisa menggunakan kamera DSLR , untuk kamera DSLR yang bisa digunakan untuk keperluan pembuatan video kalian bisa mencarinya di google, setelah setelah kamera siap, tentukan peran atau aktor dalam film tersebut, oiya kamera kalo bisa pinjam sama kerabat atau teman bilang aja buat spronsor nanti ditulis namanya hehe...



Survey Lokasi dan Bloking

Setelah perlengkapan siap masih ada lagi yang perlu dilakukan sebelum shooting, yaitu Survey lokasi dan bloking kamera, supaya sewaktu shooting kalian bisa langsung menempatkan diri tanpa harus memikirkan bloking kamera.



shooting dan Perijinan

Setelah semuanya siap mulailah pengambilan gambar, mamun tidak mudah, anda harus memperhitungkan pula suara yang tidak diperlukan atau dirasa mengganggu, jadi anda butuh orang untuk perijinan dan membantu membuat keadaan semaksimal mungkin untuk menghasilkan suara yang fokus ke adegan (menghindari suara dari belakang kamera)



Pilih Video lalu Editing

Setelah Proses Pengambilan gambar selesai Pilihlah video yang akan dipergunakan, kemudian masuk editing. dalam editing ini disarankan editor yang berpengalaman, mungkin memang harus mengeluarkan biaya, tapi memang nantinya akan mendapatkan hasil yang maksimal, kalo mau lebih irit bisa minta tolong teman dan di iming-imingi sebagai sponsor hehe...



Publikasi

Untuk publikasi kalian mengunggahnya ke youtube lalu kalian bisa menceritakan ke teman sekitar supaya menonton film kalian atau membagikannya melalui akun media sosial seperti facebooktwitter, dan instagram (lebih disarankan dengan media sosial tersebut karena memang respon yang diterima lumayan baik.)

Berkunjunglah kembali untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari atau mampu menjadi sarana informasi mengenai suatu hal yang mungkin belum kalian ketahui, dan ceritakan pengalaman kalian pada teman-teman tentang apa yang sudah kalian dapatkan dari Lembar Kotor.









Previous
Next Post »
Thanks for your comment