Kisah Perjalanan Hidup


Berawal dari kita meninggalkan masa balita dan mulai menginjak masa anak-anak(SD) dimana masa yang sangan indah intuk bermain, dan hampir tidak mau melakukan kegiatan selain bermain hingga harus dipaksa untuk belajar.
Masa itu adalah masa yang indah dan menyenangkan dimana kita hanya dituntut untuk belajar tidak terlalu keras dan diberi imbalan bila bisa menjadi juara kelas agar kita bisa belajar maksimal dan mendapat nilai yang memuaskan, kebanggaan dimasa itu adalah bisa menjadi juara kelas dan dipuji oleh banyak orang.
Sekilas tentang masa indah yang telah berlalu kita mulai memasuki dunia baru yang disebut dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama).
Pada masa ini kita mulai harus meninggalkan kegiatan bermain yang menyenangkan dan harus belajar untuk bisa menjadi kebanggaan seperti dimasa yang lalu.
Meskipun banyak hal yang harus ditinggalkan namu masih banyak hal yang sering dilakukan seperti bermain dan berkumpul dengan teman sebaya yang dulu sering bermain bersama, namun pada akhirnya kita tetap harus belajar dengan keras karena kita akan menempuh ujiang akhir nasional (UNAS),.
Dimasa ini kita sering merasa di anggap anak kecil walaupun memang masih peralihan menuju tingkatan selanjutnya, namanya saja anak-anak yang sedang tumbuh menuju masa remaja mereka ingin dianggap sudah bukan anak-anak dan tidak mau lagi diperlakukan seperti anak SD.
Bahkan kebanggaan mereka bukan untuk menjadi juara kelas melainkan adalah menuju 10 besar peringkat kelas, paling buruk juga 15 besar.
Karena memang di SMP rata-rata 1 kelas ada 35 siswa, dan itu sudah setengah dari jumlah keseluruhan yang artinya kita sudah lebih pintar dari 15 anak.
Serta kegiatan kita lebih sering mengunjungi teman daripada bermain yang melelahkan lebih memilih berbincang dan saling bertukar pikiran atau berkeliling melihat dunia sekitar.
Setelah habis masa remaja di SMP mereka mulai di tuntut untuk menempuh pergaulan yang lebih tinggi dan sistem pendidikan yang sering dikatakan lebih kejam yang namanya SMA(Sekolah Menengah Akhir) ini mungkin adalah akhir bersekolah namun bukan akhir dari menuntut ilmu, dan dimasa ini kita semakin menegaskan bahwa kita bukan lagi anak SD ataupun SMP namun kenyataan kita masih anak-anak yang sedang berada dimasa remaja dan melangkah untuk menuju pendewasaan guna bekal hidup dimasa yang akan datang.
Dimasa ini kita jadi lebih sering beraktifitas diluar rumah seperti kumpul dengan teman sekolah, teman sebaya, dan teman-teman yang lainnya.
Ini adalah masa dimana kita bisa mengendalikan diri atau dikendalikan oleh keinginan yang cukup banyak, seperti remaja putri yang ingin tampil menarik di depan seorang laki-laki dan juga sebaliknya.
Bahkan dimasa ini kita belum tentu mengincar peringkat kelas namun hanya ingin di akui juka kita ada, sering menarik perhatian yang terkadang membuat kita terlihat bodoh dan hanya merepotkan teman yang lain karena ingin dinilai sebagai seorang yang beda dari yang lain, pemberani, berkusa,dan kebodohan yang lainnya, namun di antara semua itu banyak masa indah yang dilalui seperti saling tertarik dengan lawan jenis dan mejalin hubungan yang terkadang kelewatan hingga taidak bisa meneruskan sekolah, namun ada juga yang bisa menjaga diri hingga lulus sekolah.
Disini juga rasa kebrsamaan yang ada sejak masa anak-anak masih ada hingga sering bermain bersama dalam lingkup yang lebih luas seperti pergi rekreasi ke pantai, candi, gunung, dan tempat wisata lainnya.
Namun di dalam pendidikan yang mereka kejar bukan lagi peringkat namu adalah nilai KKM(Kriteria Ketuntasa maksimal), karena dengan itu mereka sudah jelas naik kelas dan berkesempatan untuk lulus.
Masa akhir sekolahpun mereka lalui dengan haru tanggis dan rasa saling kehilangan karena mereka akan berpisah mungkin tidak semua yang akan melanjutkan diperguruan tinggi namu juga sebagian ada yang pergi keluar kota untuk kuliah atupun bekerja, bahkan para perantau atau pelajar luar kotapun pulang ke kampung halaman mereka, memang tidak semua dan hanya sebagian perantau yang ingin melanjutkan kuliah atau bekerja di kota ini karena merasa bahwa tempat dimana dia sekarang tinggal adalah tempat yang nyaman setelah kampung halamannya.
Marilah kita tutup buku sekolah dan kita jadikan kenangan indah masa sekolah.
Kini ada hidup baru yang di sebut pendewasaan tingkat lanjut untuk idup yang lebih baik.
Kenapa demikian?, karena setelah kita selesai sekolah kita akan mulai bekerja dan sebagian dari kita ada yang masuk perguruan tinggi.
Untuk mereka yang bekerja ini adalah sebuah hal baru dalam hidup mereka karena di sini jadwal kegiatan seiap hari akan selalu sama sesuai dengan pekerjaannya dan di sni tidak ada perbedaan pekerjaan seperti di masa sekolah.
Dimasa ini kita harus lebih menata diri untuk sebuah perubahan yang baru.
Bagi mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi, disini hanya akan ada perubaha sedikit mata pelajaran/matakuliah.
Perubahan yang sangat jelas adalah jadwal yang tidak menentu dan tugas yang semakin bertambah tingkat kerumitannya atau waktu pengumpulan yang singkat dan bertumpuk hingga harus benar-benar menata waktu dan kegiatan yang padat, namun disini kita akan belajar untuk lebih disiplin dan tepat waktu.
Ini adalah langkah pertama menjadi dewasa dan menuju sukses yang sebenarnya, namun jika kita tidak bersungguh-sungguh kita akan terhambat oleh waktu karena mungkin harus mengulang sebagian mata kuliah.
Walaupun kita tidak perlu mengulang semua seperti di masa sekolah namun di sini kita akan dihadang oleh waktu dimana waktu itu akan menjadi teman atu lawan yang sangat menyusahkan.

Setelah kita selesai menempuh perjalanan pendidikan di perguruan tinggi masih ada lagi yang harus kita lakukan, melanjtkan kuliah untuk gelar yang lebih tinggi atau bekerja.

Segala yang terjadi dalam coretan takbermakna ini hanyalah sedikit gambaran yang ada di sekitar kita dan tidak semua seperti apa yang tercoret dalam kisa perjalanan yang sangat rumit ini.

Terus berkarya dan jangan pernah menyerah, hari ini mungkin indah, namun hari esok akan lebih indah.
Jangan terlalu berharap untuk hasil yang maksimal namun berusahalah sebaik mungkin untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Berkunjunglah kembali untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari atau mampu menjadi sarana informasi mengenai suatu hal yang mungkin belum kalian ketahui, dan ceritakan pengalaman kalian pada teman-teman tentang apa yang sudah kalian dapatkan dari Lembar Kotor.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment