yang terjadi dari waktu ke waktu dan dampak dari kemajuan jaman


Seiring berjalannya waktu kini pola hidup masyarakatpun mulai berubah.Perubahan yg paling terlihat adalah tehonogi yang telah berkembang dan mungkin akan merubah segalanya, sperti pandangan hidup, sikap, dan tingkahlaku, bahkan merubah budaya masyarakat.

Sebuah perubahan yg tidak dapat kita hindri adalah perubahan pola fikir, jalan hidup, bahkan cita-cita akan berubah.Jaman dulu banyak anak yang taat dan patuh pada orang tuanya, namun sekarang banyak anak yg berani pada orang tuanya, bahkan banyak orang tua yg harus memenuhi keinginan anaknya.

Sedikit mengenaskan bila melihat kenyataan yang seperti ini tapi itu semua nyata. Mungkin memang masih ada anak yang ta’at dan patuh pada orang tuanya, namun tidak seperti dulu ketika banyak anak yang sering berbincang dengan orang tua ketika senja telah berganti malam dan bahagia bermain dengan teman sebaya dikala terik matahari.

Tapi apa yang terjadi kini? Banyak anak yang tidak mau lagi berbincang dengan orang tua tentang apa yang mereka keluhkan dan hampir idak ada lagi anak yang berkeliaran dibawah terik matahari dan membawa kegembiraan, mereka lebih senang bermain dengan smartphone mereka dan tidak ada interaksi dengan teman sebaya di sekitar.Pada akhirnya mereka tidak akan kenal dengan lingkungan sekitar dan kebudayaan di sekelilingnya.

Yang mereka ketahui hanya apa yang ada di sosial media dan kebudayaan yang telah mengalami sedikit perubahan dan mulai beralih fungsi dari hal yang harus dilestarikan menjadi hal yang hanya dikenang. Kebudayaan dari seluruh negri tidak akan hilang hanya saja tercampur dengan kebudayaan asing(barat) yang dibawa oleh sistem informasi yang berkembang melalui tehnologi global yang kini bisa diakses dengan mudah, bahkan anak SD sudah mampu menggunakannya.

Bagaimana nasip budaya kita dimasa depan bila terus seperti ini, dan bagaimana anak-cucu kita bercerita pada keturunannya tentang kebudayaan yang hanya kenangan bukan lagi tindakan dan perbuatan. Walaupun masih ada sedikit dari mereka yang masih bangga dengan kebudayaan mereka dan mau untuk melestarikannya, namun banyak pula yang sudah tidak mau tau dan hanya mengenangnya sebagai pengetahuan tanpa melestarikan.Perubahan jaman juga mempengaruhi harapan dan cita-cita generasi penerus.

Jaman dulu banyak anak yang bercita-cita untuk menjadi dokter, polisi, tentara, guru, dan bidang sosial lainnya.Mereka sangat bersemangat untuk mengabdi pada bangsa dan negara, mereka ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain dan membantu mereka yang terkena musibah, tapi berbeda dengan apa yang terjadi sekarang, banyak yang tidak perduli dengan orang lain dan tidak mau tau tentang masalah orang lain.

Karena pengaruh dari lingkungan sekitar yang telah berubah dan mulai membentuk pandangan hidup baru yang lebih bebas dan tidak pada tempatnya, maka mereka kini lebih ingin menjadi selebritis, bintang film, pelawak, dan boneka produksi media yang lainnya.Karena mungkin mereka berharap dan mengira menjadi boneka produksi itu memiliki gaji yang besar dan dikenal oleh banyak orang, lalu mereka melupakan jati diri mereka sebaga manusia sosial yang saling berinteraksi dengan sekitarnya.

Namun sisi positifnya adalah bagi mereka yang ingin mengabdi pada negara adalah besarnya kesempatan untuk lolos seleksi, kecuali untuk para opengadil hukum masih banyak yang berminat untuk mengabdikan diri mereka, namun juga mereka berasal dari pinggiran bahkan pelosok desa.

Perubahan jaman hampir merubah segalanya, namun ingatlah siapa kita dan darimana kita berasal. Mengikuti perkembangan jaman adalah hal yang harus dilakukan namun menjadi korban dari perubahan jaman adalah hal yang haru dihindari, karena kita harus mengikuti perkembangan jaman dan mampu memahami apa yang terjadi di dunia ini.

Jangan sampai kita menjadi korban dan dibodohi oleh perkembangan tehnologi dan perubahan jaman, buatlah tehnologo sebagai alat pengembang hidup kita dan jangan sampai kita dibodohi oleh kemajuan jaman.


Berkunjunglah kembali untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari atau mampu menjadi sarana informasi mengenai suatu hal yang mungkin belum kalian ketahui, dan ceritakan pengalaman kalian pada teman-teman tentang apa yang sudah kalian dapatkan dari Lembar Kotor.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment